Halaman

03 August 2012

Memanfaatkan Sumber Daya Yang Ada Dalam Bisnis

resource sumber daya
Melihat judul di atas membuat kita berpikir bahwa apa sumber daya yang ada di dalam bisnis kita? Bagi yang menjawab sekenanya yang saya duga adalah uang atau modal. Benarkah demikian...?
Bagi saya, memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar kita guna melancarkan kegiatan terutama pada sektor bisnis. Tanpa sumber daya yang ada dengan maksimal selain uang tentu akan menghambat kegiatan bisnis yang sedang dijalaninya. Tidak hanya uang saja tetapi juga hal lain yang tidak kalah penting.
Sumber daya yang sering digunakan dan dianggap penting dalam menjalankan bisnis baik bisnis online maupun offline.
  1. Komputer
    Komputer baik berupa desktop maupun notebook memang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada semacam kata-kata "kalau tidak ada komputer saya tidak bisa apa-apa" yang sedemikian begitu lekat di dalam diri kita. Andai komputer kita rusak, perasaan kita menjadi gelisah karena tidak melakukan apa-apa. Komputer sekarang ini memang semakin canggih memudahkan orang mengerjakan tugas dengan cepat dan efisien.
    Tidak punya komputer? Kan bisa pinjam sama saudara, teman, relasi dan siapa saja yang anda kenal. Dan tentu saja anda mendapat izin meminjam. Rental komputer juga menjadi pilihan lain dan alternatif selagi menunggu komputer selesai diperbaiki.
    Disarankan maksimalkan penggunaan komputer untuk kegiatan produktif misalnya membuat artikel yang menarik, membuat informasi yang bisa dijual atau apa saja selama kegiatan bersifat positif. Hindari menggunakan komputer untuk hal-hal yang kurang produktif seperti main game dan sebagainya. Menjalankan kegiatan bisnis yang anda sukai tentu memerlukan komputer yang handal dan tangguh serta tahan lama.
  2. Jaringan atau networking
    Bagi yang memiliki bisnis yang cukup bagus tentu membutuhkan jaringan yang lebih luas lagi untuk memperbesar bisnis. Tanpa mereka bisnis tidak akan berkembang dengan maksimal karena mereka memiliki peran besar yang membantu bisnis untuk berkembang seperti memberikan informasi kepada relasi lain, menyampaikan ide atau gagasan untuk diterapkan dan juga membantu mempromosikan bisnisnya melalui jaringan mereka.
Well, masih ada lagi sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis menuju kesuksesan. Tidak ada salahnya kita mencoba sumber daya yang lebih baik dan efisien. Bukan tidak mungkin sukses jika memanfaatkan sumber daya yang efektif dan efisien meski memiliki modal yang sedikit.
Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment