Halaman

16 May 2012

Jadilah Mitra Yang Baik

mitra partnership

Dalam dunia bisnis baik bisnis online maupun bisnis offline tentu membutuhkan kehadiran partner atau mitra kerja untuk melakukan kegiatan bisnis guna mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Bisnis sulit dijalankan seorang diri, karena banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan apalagi pada bagian pemasaran yang membutuhkan waktu dan usaha lebih banyak.

Mitra kerja juga memiliki peran penting dalam pemasaran dimana mereka menjalin kerja sama yang saling menguntungkan sehingga bisnis bisa berkembang sesuai dengan harapan. Toh, sama seperti manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran manusia lain untuk menunjang kehidupan yang selaras.
Nah, coba anda bayangkan apa yang terjadi seandainya sendirian dalam menjalankan suatu kegiatan tanpa kehadiran mereka? Sukses atau malah terpuruk?
Seandainya sendirian menjalankan suatu kegiatan tentunya akan merasa kesulitan dalam mencapai sesuatu. Menjalankan sendirian dalam berbagai bidang tentunya sangat sulit karena manusia itu memiliki keterbatasan yang paling utamanya adalah fokus dan konsentrasi. Biasanya manusia mampu fokus pada satu atau dua bidang saja. Tentu saja tiap manusia memiliki keahlian masing-masing dan saling melengkapi dalam dunia bisnis.
Menjadi mitra baik mitra kerja maupun mitra bisnis tentu membutuhkan komitmen dan mampu menjaga hubungan dengan pihak lain. Dalam dunia kerja, mitra kerja yang bekerja untuk melengkapi kegiatan dengan bidang masing-masing. begitu juga dengan dunia bisnis, mitra bisnis yang saling melengkapi dalam bisnisnya dan membantu mengembangkan bisnis ke arah yang lebih besar.
Menjadi mitra yang baik tentu tidak mudah karena masih adanya rasa tidak percaya terhadap calon mitra. Sebab ada orang yang memiliki pengalaman buruk di masa lalu di mana mitra yang dulu dipercaya pelaku bisnis yang kini mengkhianati pebisnis dan beralih ke bisnis lain.
Bagaimana menjadi mitra yang baik?
Sebenarnya sudah banyak pakar bisnis, motivator, bahkan pelaku bisnis menyarankan ragam saran dan tips untuk menjadi mitra. Namun, tidak semua cocok bagi siapa pun yang menerapkannya karena memiliki kepribadian dan jenis kegiatan bisnis yang berbeda-beda.
Intinya, tetap membutuhkan komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dan mitra bisnis agar mempertahankan hubungan bisnis yang baik pula. Menjalin silaturrahmi tentu akan mempererat hubungan meski lama tidak berhubungan.
So, saran saya adalah jalin pertemanan dan bangun hubungan baru dengan pelaku bisnis. Siapa tahu  mereka membutuhkan anda sebagai mitra bisnis dalam mengembangkan bisnis. Dengan menjadi mitra bisnis berarti anda telah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari pada menjadi pengangguran bukan?
Semoga sukses.

No comments:

Post a Comment